Me-DAN dan MUI Banyuwangi Sepakat Akan Adakan Aksi Solidaritas untuk Muslim Aleppo

BANYUWANGI (Jurnalislam.com) – Menanggapi peristiwa memilukan yang menimpa umat Islam di Aleppo, Suriah, mendorong Medis dan Aksi Kemanusiaan (Me-DAN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan aksi solidaritas.

Hal tersebut disepakati usai tim Me-DAN yang bersilaturahmi ke kediaman ketua MUI Banyuwangi, KH Muhammdad Yamin di Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (3/5/2016). Me-DAN yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum, dr Didik Sulasmono menyampaikan kondisi terkini di Aleppo yang membuat Kyai Yamin tak kuasa menahan air mata.

Keduanya sepakat bahwa perlunya aksi nyata dalam menyikapi krisis kemanusiaan yang terjadi di berbagai tempat belahan bumi termasuk di Aleppo, Suriah.

“Kita harus mengadakan pembelaan terhadap saudara muslim yang terdzalimi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab itu, minimal doa kemudian penggalian dana,” tegas Kyai Yamin.

“Saya akan sampaikan ke teman-teman ulama Banyuwangi serta anggota MUI Banyuwangi dan saya yakin Insya Allah mereka sependapat dengan saya,” tambahnya.

dr Didik mengapresiasi tanggapan positif MUI Banyuwangi. Dr Didik kemudian memaparkan program-program Me-DAN dalam waktu dekat untuk yang berhubungan dengan krisis kemanusiaan yang terjadi Aleppo.

Diakhir pertemuan, Me-DAN dan MUI sepakat mengundang semua elemen umat Islam untuk menggelar aksi solidaritas untuk kaum Muslimin di Aleppo.

Reporter: Sunaryo | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.