Ketika Kegiatan Nobar Film GS30/PKI Dituding Kampanye Politik

Ketika Kegiatan Nobar Film GS30/PKI Dituding Kampanye Politik

SOLO (Jurnalislam.com) – Panitia sarasehan Nobar film GS30/PKI di Masjid Nurul Iman Kalitan pada Ahad (30/9/2018) Dr Muhammad Taufiq memastikan tidak akan ada atribut partai tertentu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Ia juga menegaskan kegiatan yang bakal digelar di halaman parkir itu bukanlah kampanye dan digunakan untuk ajang politik praktis.

“Yang pertama sarasehan, kita tahu memasuki tanggal 23 itu sudah masuk massa kampanye, jadi aktifitas ini tidak ada kaitannya dengan kampanye manapun kalaupun diantara peserta atau pembicara mereka pendukung tertentu itu soal lain, yang pasti tidak ada aktivitas politik,” terangnya kepada wartawan di Halaman Masjid Nurul Iman Kalitan, Jum’at, (28/9/2018).

“Karena ukurannya, satu, tidak ada kampanye, yakni tidak ada simbol simbol atau bendera itu tidak ada, kemudian baju atau atribut seperti kaos juga tidak ada,” sambungnya.

Lebih lanjut terkait adanya salah satu pembicara yang menjadi caleg dari partai tertentu, Dr Taufik menjelaskan, bahwa kehadiran Purwanto adalah sebagai warga Solo dan bukan sebagai politisi.

“Ada pertanyaan dari Bawaslu terkait kedatangan Pak Purwanto dalam acara itu, sudah saya saya jelaskan Pak Purwanto adalah orang Solo sebagai warga negara yang memiliki hak politik sama dan tidak sedang dicekal,” tegasnya.

Ia juga mempersilahkan masyarakat untuk ikut hadir dalam kegiatan Nobar tersebut, menurutnya, generasi milenial belum banyak yang tau akan sejarah pemberontakan gerakan PKI pada tanggal 30 Semptember 1965 itu.

“Yang jelas tujuan digelar kegiatan untuk mengingatkan kembali peristiwa bersejarah, sudah sekian lama film ini tidak tayang di televisi, Saya yakin anak-anak SMA saat ini ga mengerti tentang GS30/PKI,” jelasnya.

Rencananya, dalam kegiatan sarasehan dan Nobar itu akan dihadiri sejumlah tokoh yakni tokoh Mega Bintang Mudrick M Sangidoe,  Purwanto, Sri Bintang Pamungkas, dan Mantan Kepala Staf Kostrad, Mayjen (Purn) Kivlan Zein.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X