HMI Desak Pemerintah Usir Dubes Myanmar

HMI Desak Pemerintah Usir Dubes Myanmar

MALANG (Jurnalislam.com) – HMI Cabang Malang berunjuk rasa damai di depan Balaikota Malang, Senin, (4/9/2017). Mereka meminta Presiden Joko Widodo segera mengambil langkah nyata untuk menghentikan aksi pembantaian umat muslim di Myanmar.

“Kita minta hentikan genosida di Myanmar. Ini sangat mengerikan, kita meminta pemerintah mengambil langkah kongkrit dalam rangka menghentikan pembantaian muslim Rohingya,” kata Ketua HMI Malang, Harianto.

Menurutnya, selama ini pemerintah Indonesia hanya mengambil langkah diplomatis dan belum sampai kepada sikap tegas agar pemerintah Myanmar menghentikan aksi kekerasan terhadap bangsa Rohingya.

“Kenapa tidak mau mengusir Dubes dan memutus hubungan bilateral. Meminta waktu untuk Dubes Myanmar agar melakukan tindakan selama 3×24 jam,” tandasnya.

Ia menyayangkan langkah pemerintah yang cenderung lamban dalam menyelamatkan jutaan nyawa muslim Rohingya. HMI berharap pemerintah untuk memanggil pulang Dubes Indonesia di Myanmar dan memulangkan Dubes Myanmar dari Indonesia.

“Kita menuntut hubungan diplomasi dengan Myanmar diputus. Panggil Dubes Indonesia dan pulangkan Dubes Myanmar. Ini adalah prinsip kemanusiaan yang mendasar,” pungkasnya.

Bagikan
Close X