Gedung Putih: Amerika Semakin Yakin Rezim Suriah Gunakan Senjata Kimia

14 April 2018
Gedung Putih: Amerika Semakin Yakin Rezim Suriah Gunakan Senjata Kimia

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS ” semakin yakin” rezim  Suriah melakukan serangan kimia di pinggiran Damaskus akhir pekan lalu, Gedung Putih mengatakan Jumat (13/4/2018).

“Kami yakin Suriah harus bertanggung jawab dalam serangan senjata kimia ini, tetapi kami juga meminta pertanggungjawaban Rusia atas kegagalan mereka menghentikan serangan senjata kimia,” kata wanita juru bicara Sarah Huckabee Sanders kepada wartawan, Anadolu Agency melaporkan.

Ketegangan diplomatik meningkat menyusul serangan terhadap kota Suriah, Douma, di Ghouta Timur Sabtu malam lalu.

128.000 Warga Douma Terperangkap Pasukan Rezim Syiah Assad

The White Helmets, sebuah badan pertahanan sipil, menyalahkan rezim Bashar al-Assad atas dugaan serangan kimia, yang dikatakan menewaskan 78 warga sipil dan melukai ratusan lainnya.

Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (the Organization for the Prohibition of Chemical Weapons-OPCW) telah mengirim tim pencari fakta ke Suriah yang diharapkan mulai bekerja Sabtu. Misi OPCW akan difokuskan untuk menentukan apakah serangan kimia memang benar terjadi, tetapi tidak akan menentukan pihak mana yang bersalah.

AS Peroleh Sampel Darah Serangan Senjata Kimia di Douma, Ini Hasilnya

Sanders bersikeras bahwa AS memiliki “keyakinan yang sangat tinggi bahwa Suriah bertanggung jawab.”

“Sekali lagi Rusia gagal untuk menghentikan mereka dan tetap tidak melakukan apapun menjadikan Rusia bagian dari masalah,” katanya.

Sanders menepis tuduhan Rusia bahwa Inggris melancarkan serangan Douma, dengan mengatakan: “Intelijen kami mengatakan sebaliknya.”