Departemen Pendidikan Afghanistan Senang Taliban Kendalikan 219 Sekolah di Provinsi Herat

Departemen Pendidikan Afghanistan Senang Taliban Kendalikan 219 Sekolah di Provinsi Herat

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) Imarah Islam Afghanistan (Taliban) saat ini menguasai lebih dari 20 persen sekolah di Herat, dan ketua departemen pendidikan provinsi Afghanistan barat “bahagia” dengan hasil ini.

Ahmad Razaq Ahmadi, ketua departemen pendidikan Herat, melaporkan bahwa Taliban menguasai 219 dari 969 sekolah di provinsi tersebut, atau hampir 23 persen, menurut Tolon. Ahmadi mengatakan bahwa departemen pendidikan yang dipimpinnya tidak dapat mengelola sekolah di distrik Adraskan, Ghoryan, Koshki Kohna, Obe, dan Shindand “karena tingginya tingkat ancaman keamanan.”

“Di daerah di mana ada ancaman keamanan pegawai kami tidak dapat memantau sekolah-sekolah di sana. Taliban melakukan pemantauan terhadap sekolah-sekolah di wilayah yang berada di bawah kendali mereka,” kata Ahmadi. Dia kemudian memuji Taliban karena mengelola sekolah-sekolah tersebut dengan baik.

“Kami senang dengan pemantauan oleh Taliban, karena sedikitnya mereka memantau sekolah-sekolah. Menurut informasi yang kami dapatkan dari masyarakat di distrik Koshki Kohna, misalnya, Taliban memantau sekolah-sekolah di sana dan mereka mengendalikan sekolah-sekolah; Kami sangat senang dengan pekerjaan Taliban ini,” tambah Ahmadi.

Kemenangan Taliban Meningkat, NATO Kirim 3.000 Pasukan Tambahan ke Afghanistan

Komentar Ahmadi itu mencerminkan perilaku akomodasi Taliban yang semakin meningkat. Taliban telah meningkatkan pengaruhnya di semua penjuru Afghanistan dan telah mendapat kemenangan yang signifikan dari medan perang selama tiga tahun terakhir.

Laporan tentang status sekolah Herat tersebut menyoroti kesulitan dalam menentukan kontrol terhadap 407 kabupaten di Afghanistan.

Dari lima distrik yang disebutkan oleh Ahmadi, empat distrik, yaitu Adraskan, Ghoryan, Koshki Kohna, dan Shindand, sebelumnya menurut Long War Journal diperebutkan oleh Taliban. Obe, yang sebelumnya dinilai sebagai wilayah yang dikendalikan pemerintah atau statusnya belum ditentukan, saat ini telah berubah statusnya dan dianggap sebagai wilayah yang diperebutkan.

Taliban memantau administrasi sekolah di lima distrik yang saat ini terdaftar sebagai wilayah yang diperebutkan dan mampu mencegahnya agar tidak terjangkau oleh pejabat pemerintah. Hal ini menunjukkan tingkat kontrol Taliban yang tinggi terhadap kabupaten tersebut.

Saat ini, Long War Journal telah menetapkan bahwa Taliban menguasai 45 distrik dan memperebutkan 115 lainnya. Jumlah ini mendekati perkiraan oleh Investigator Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan. Taliban mengklaim kontrol terhadap 24 distrik tambahan. Walaupun Klaim ini tidak dapat diverifikasi secara independen, namun Taliban selama ini akurat dalam melaporkan pengendalian distrik di masa lalu. Sisanya 223 kabupaten dikendalikan oleh pemerintah atau, seperti distrik Obe di Herat sampai hari ini, status mereka tidak diketahui.

Bagikan
Close X