Responsive image
Responsive image
Responsive image

Dakwah Online di Media Sosial: Pengaruh Baik Bagi Manusia

Dakwah Online di Media Sosial: Pengaruh Baik Bagi Manusia

Oleh : Fiko Dwipio Rahman

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah canggih dan pesat pertumbuhannya. Manusia hidup berdampingan Bersama dunia digital. Teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya teknologi komunikasi yaitu media sosial.

Media sosial menjadi alat yang memiliki beberapa nilai fungsi yang begitu banyak manfaatnya akan tetapi jika kita bijak menggunakannya, nilai fungsi tersebut seperti mempermudah komunikasi antar sesama, Mempermudah seseorang dalam beberapa hal seperti bekerja,belajar atau hanya sekedar mengisi waktu luang, akan tetapi dari semua itu media sosial saat ini menjadi seperti tempat kedua seseorang dalam mengungkapkan ekspresi baik yang bersifat baik maupun yang buruk ada tersedia di media sosial, bahkan pada era ini media sosial sudah dirasa sebagai pendamping setiap orang dalam kesehariannya. Tak hanya fungsi untuk pribadi saja,media sosial juga kini digandrungi oleh para aktivis dakwah untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebaikan, karena melihat antusias para pengguna media sosial kini begitu masif maka dibuatlah Dakwah online.

Dakwah merupakan sebuah cara untuk menyampaikan pesan religi/kebaikan kepada sesama. Dakwah identik dengan syiar nilai nilai islam. Dakwah online menjadi salah satu hal yang dikerjakan Sebagian orang dalam bermain media sosial. Dari hal tersebut. Orang orang bisa memanfaatkan media sosial untuk hal hal kebaikan.

Platform media sosial yang digunakan sebagai jalan untuk berdakwah sangatlah banyak. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan Aplikasi yang saat ini banyak diminati semua orang yaitu tiktok.

Kegiatan ini sangat terlihat jelas manfaatnya. Dampak serta pengaruh yang kuat dari hasil dakwah online terlihat sangat menjajikan. Para pembaca bisa manambah wawasan serta mentadaburi setiap isi dari dakwah online.

“kegiatan dakwah online yang dilakukan Sebagian orang orang mulai tersebar sosial mediaku, sampai aku pun bisa menikmatinya. dari hal itu dampaknya terbawa dalam kehidupan aku karena beberapa kontennya sangat related dengan solusi masalah hidup aku” Ujar Fajar, salah satu mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Dengan adanya fenomena seperti ini, pendakwah  harus di tuntut untuk bisa selalu berkreasi dengan konten kontef kreatif serta menggunakan kalimat informatif dan persuasif. Kegiatan ini bisa menjadi trend di media sosial jika para konten creator dakwah mau berkomitmen serta konsisten dalam mengerjakannya. Ditengah banyaknya hal hal buruk dimedia sosial. Kegiatan ini dapat memutar keadaan tersebut menjadi lebih baik.

“Dakwah itu harus ikhlas, istiqomah, taqwa, dan optimis. Kalau kita dakwah dari hati pasti akan sampai ke hati juga”. (Fuad Bachtiar, 2020).

Dengan adanya dakwah online dimedia sosial diharapkan menjadi sebuah trend positif setiap orang Ketika bermedia sosial. Banyak hal yang akan di dapat dari melakukan kegiatan dakwah online. Bukan hanya untuk diri sendiri, orang lain pun akan menikmati serta merasakan dampaknya. Media sosial juga dapat menjangkau pendengar lebih luas dari banyak kalangan. Tidak heran, media sosial menjadi sangat popular dan banyak digunakan para pendakwah online menjadi sarana jalannya dakwah. Melihat situasi zaman yang semakin modern. Kegiatan dakwah bisa dilakukan secara digital. Potensi tersebut harus dioptimalkan secara maksimal agar setiap kebaikan bisa disampaikan dimana saja dan kapan saja.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X