Berjanji Sumbangkan $ 50 Juta ke Rohingya, PBB: Turki Negara Donor yang Dermawan di Dunia

Berjanji Sumbangkan $ 50 Juta ke Rohingya, PBB: Turki Negara Donor yang Dermawan di Dunia

JENEWA (Jurnalislam.com) – Komisaris tinggi PBB untuk pengungsi pada hari Senin (23/10/2017) memuji Turki sebagai “donor kemanusiaan yang dermawan” setelah berjanji untuk menghabiskan $ 50 juta untuk mendukung pengungsi Rohingya.

“Saya ingin mengatakan bahwa Turki terus menjadi donor kemanusiaan yang dermawan di seluruh dunia selain menjadi negara tujuan pengungsi terbesar di dunia,” Filippo Grandi mengatakan kepada Anadolu Agency di Jenewa pada hari Senin setelah sebuah konferensi perjanjian internasional pemberian donor untuk Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar berakhir dimana Turki mengatakan akan memberikan $ 50 juta untuk para pengungsi.

UNICEF Kehabisan Dana untuk Bantu Pengungsi Muslim Rohingya

“Kita harus terus memperbaiki respon terhadap krisis yang sangat masif, yang terbesar dan tercepat yang pernah kita lihat bertahun-tahun,” kata Grandi.

Filippo Grandi
Filippo Grandi

“Lebih dari 800.000 pengungsi Rohingya tanpa kewarganegaraan di Bangladesh bercita-cita untuk menjalani kehidupan yang memenuhi kebutuhan mendesak mereka akan makanan, obat-obatan, air, dan tempat tinggal. Namun, lebih jauh lagi, mereka merindukan kehidupan yang memiliki harapan untuk masa depan di mana identitas mereka dikenali, bebas dari diskriminasi, dan dapat kembali dengan selamat ke rumah mereka di Myanmar. Saat kita berkumpul dalam solidaritas, saya ingin berterima kasih kepada Bangladesh dan komunitas pengungsian dan para donor yang telah mendukung mereka,” kata Grandi.

Konferensi Muslim Rohingya tersebut dimulai pada hari Senin.

Turki menyatakan “salah satu janji tertinggi, bahkan bisa disebut yang tertinggi,” pada konferensi donor itu, William Lacy Swing, kepala Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB, mengatakan kepada Anadolu Agency setelah konferensi tersebut.

Tuntutan Turki di Parlemen Eropa Terkait Krisis Rohingya Ditolak Biro Majelis

Duta Besar Turki untuk kantor PBB di Jenewa, Naci Koru, mengatakan kepada konferensi tersebut: “Dalam program bantuan kemanusiaan, kami merencanakan untuk membangun unit penampungan jangka menengah untuk 100.000 orang di atas lahan seluas 3 juta meter persegi, menyediakan dua rumah sakit lapangan, 10 pusat kesehatan dan pusat kesehatan keluarga, memberikan air minum dan sanitasi air [plus] bantuan makanan segar ke pemerintah kota.”

“Bersama dengan proyek dan pengiriman yang direncanakan, jumlah bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Turki akan melebihi $ 50 juta,” Koru menambahkan.

Mengatakan bahwa krisis Rohingya memerlukan tindakan segera dan terkoordinasi, Koru mengatakan: “Kami berkomitmen untuk terus mendukung Muslim Rohingya dalam koordinasi yang erat dengan pihak berwenang di Bangladesh.”

Bagikan
Close X