Bela Palestina, Masyarakat Surabaya Cinta Al-Aqsa Longmarch ke DPRD

Bela Palestina, Masyarakat Surabaya Cinta Al-Aqsa Longmarch ke DPRD

SURABAYA (Jurnalislam.com) – Ratusan umat Islam Surabaya yang menamakan diri Masyarakat Surabaya Cinta Al-Aqsa (MSCA) menggelar longmarch dari Taman Apsari menuju Kantor DPRD Kota Surabaya, Jumat (28/7/2017).

“Aksi ini bertujuan untuk mengecam tindakan zionis Israel untuk segera mengembalikan hak-hak kemanusiaan rakyat Palestina,” kata Koordinator MSCA, Ishom Muhammad Drehem dalam orasinya.

MSCA juga mendorong pemerintah untuk melaksanakan amanat konstitusi dalam preambul UUD 1945 dengan cara menekan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk lebih berpihak kepada hak-hak dasar kemanusian rakyat Palestina.

Sejumlah perwakilan massa diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Masduki Toha. Sejalan dengan MSCA, Masduki juga turut mengecam tindakan Israel tersebut.

“Kami pun turut mengencam atas tindakan Israel terhadap umat Islam Palestina. Terutama yang baru-baru ini terjadi di Masjid Al-Aqsha. Kami pun berharap aksi ini dapat berjalan dengan tertib,” kata Masduki.

Berikut pernyataan sikap ini Aliansi Masyarakat Surabaya Cinta Al-Aqsha (MSCA) terkait krisis Palestina:

  1. Mengecam penjajahan bangsa Israel atas tanah rakyat Palestina
  2. Mengutuk tindakan penyerangan tentara Israel terhadap warga Palestina
  3. Mengutuk tindakan kesewenang-wenangan tentara Israel yang menangkap dan melukai 120 orang yang tengah beribadah di dalam Masjid Al-Aqsho
  4. Mengajak seluruh warga Surabaya untuk berempati dan mendoakan perjuangan rakyat Palestina
  5. Menuntut kepada pemerintah RI terutama bapak Presiden Joko Widodo untuk lebih berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia (sesuai pembukaan UUD 1945) khususnya terkait penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina
  6. Mengajak Lembaga dan Ormas Islam dunia dalam memberikan dukungan kepada kota suci umat Islam Palestina dan Masjid Al Aqsha
  7. Mengajak seluruh warga Surabaya untuk ikut berbela sungkawa terhadap penjajahan bangsa Israel kepada rakyat Palestina yang telah berlangsung selama hampir 70 tahun.

Dalam kesempatan itu juga, MSCA menyerahkan karangan bunga bertuliskan Surabaya cinta Al-Aqsa kepada wakil ketua DPRD Kota Surabaya sebagai simbol kecintaan warga Surabaya kepada Palestina.

Aksi tersebut diikuti oleh beberapa elemen, diantaranya Ikatan Da’i Indonesia (IKADI), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI), Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Surabaya Raya, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Surabaya, Komunitas Aku Cinta Islam, Solidaritas Peduli Jilbab, Sunnah With Archery Training (SWAT).

Bagikan
Close X