AQAP Bertambah Kuat, Jet Tempur AS Lakukan 30 Serangan Udara dalam 2 Hari

AQAP Bertambah Kuat, Jet Tempur AS Lakukan 30 Serangan Udara dalam 2 Hari

YAMAN (Jurnalislam.com) – Amerika Serikat melakukan serangan udara hari kedua terhadap posisi al-Qaeda di Yaman pada hari Jumat (03/03/2017), para pejabat AS mengatakan. Serangan itu merupakan tanda meningkatnya fokus militer AS pada kelompok jihadis yang kekuatannya telah tumbuh pesat selama perang Yaman, Al Arabiya News Channel melaporkan Sabtu (04/03/2017).

Sejak serangan di bulan Januari, Amerika Serikat telah menunjukkan keinginan mereka untuk menyerang al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dan untuk memulihkan kelemahan intelijen mereka mengenai kekuatan AQAP yang telah diakui para pejabat AS sejak perang Yaman memaksa ditutupnya Kedutaan Besar AS di tahun 2015.

“Kami memiliki banyak kekurangan dalam pemahaman kita tentang AQAP,” kata seorang pejabat pertahanan AS, menambahkan bahwa penarikan personel AS dua tahun lalu “pasti tidak membantu pemahaman kita tentang situasi.”

Juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan dalam jumpa pers bahwa Amerika Serikat telah melakukan lebih dari 30 serangan selama dua hari terakhir di provinsi Shabwah, Abyan dan Al Bayda.

Militer AS tidak mengungkapkan berapa banyak mujahidin al Qaeda yang menjadi target pada hari Jumat meskipun Reuters melaporkan bahwa serangan hari Kamis, menggunakan pesawat berawak dan tak berawak, mengklaim beberapa pejuang gugur .

Militer AS tidak mengesampingkan serangan lebih lanjut di masa mendatang.

“Saya tidak menginginkan operasi seperti ini di masa depan tapi ini adalah bagian dari rencana untuk menghadapi ancaman besar yang sangat nyata dan memastikan mereka dikalahkan,” kata Davis dalam sebuah jumpa pers Pentagon.

Bagikan
Close X