Responsive image

4 Orang Tewas dalam Bentrokan di Kashmir

4 Orang Tewas dalam Bentrokan di Kashmir

KASHMIR (Jurnalislam.com) – Dua warga sipil, seorang pejuang dan seorang polisi tewas dalam baku tembak antara polisi dan pejuang di Jammu dan Kashmir yang disengketakan, lansir World Bulletin, Ahad (7/5/2017).

Menurut pejabat polisi, pejuang melepaskan tembakan ke arah sekelompok polisi yang menjaga lalu lintas di jalan raya yang sibuk di daerah Mir Bazar di distrik Anantnag, Kashmir selatan, pada Sabtu malam (6/5/2017).

“Tampaknya tiga pejuang terlibat dalam serangan tersebut. Seorang pejuang tewas dalam serangan balasan oleh polisi, satu lagi diyakini terluka. Seorang polisi dan dua warga sipil kehilangan nyawa dalam bentrokan tersebut,” kata SP Vaid, kepala polisi Jammu dan Kashmir kepada media.

Kashmir, sebuah wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim, dikuasai oleh India dan Pakistan di beberapa bagian dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil wilayah Kashmir juga dipegang oleh China.

Inda dan Pakistan telah bertempur dalam tiga perang – pada tahun 1948, 1965 dan 1971 – sejak dipisahkan pada tahun 1947, dua di antaranya memperebutkan Kashmir.

Kelompok perlawanan Muslim Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintah India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan. Lebih dari 70.000 orang dilaporkan terbunuh dalam konflik tersebut sejak 1989. India mempertahankan lebih dari setengah juta tentaranya di wilayah yang disengketakan tersebut.

Bagikan
Close X