Responsive image

100 Siswa Kashmir Terluka saat Bentrokan Sengit dengan Pasukan India

100 Siswa Kashmir Terluka saat Bentrokan Sengit dengan Pasukan India

KASHMIR (jurnalislam.com) – Sedikitnya 100 pelajar Kashmir terluka dalam bentrokan sengit dengan pasukan India di Kashmir yang dikuasai India saat terjadi demonstrasi dipicu kemarahan atas serangan polisi pada akhir pekan kemarin di sebuah perguruan tinggi.

Polisi pada hari Senin (17/4/2017) melepaskan tembakan gas air mata dan karet saat demonstrasi terjadi di kota utama Srinagar sebelum menyebar ke bagian lain Lembah Kashmir.

“Kami melakukan demonstrasi dengan damai, saudara kami diserang di dalam (perguruan tinggi), kami mendukung mereka karena kami tidak dapat mentolerir ini,” Isma, seorang siswa yang berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut, mengatakan kepada Al Jazeera.

Serikat Mahasiswa Universitas Kashmir, sebuah badan mahasiswa yang dilarang, telah menyerukan demonstrasi di semua perguruan tinggi dan universitas setelah lebih dari 50 siswa terluka pada hari Sabtu dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di sebuah perguruan tinggi di kota Pulwama, Kashmir selatan.

Para siswa di Pulwama melaporkan bahwa polisi dan tentara paramiliter menembakkan pelet dan gas air mata saat mereka menyerang perguruan tinggi tersebut untuk mencoba menangkap siswa yang terlibat dalam demonstrasi anti-India di daerah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Serikat Mahasiswa Universitas Kashmir mengatakan bahwa tindakan polisi dirancang untuk membantu negara “diatur oleh represi dan ketakutan”.

“Di sini kita menghadapi penindasan, telah satu tahun kita menghadapi penindasan, kita tidak akan mentoleransi penindasan ini, kita tidak dapat mentolerir lebih banyak penindasan lagi.”

Bagikan
Close X