Rudal Syiah Houthi Yaman Targetkan Kantor Raja Arab di Riyadh

Rudal Syiah Houthi Yaman Targetkan Kantor Raja Arab di Riyadh

SANAA (Jurnalislam.com) – Kelompok pemberontak Yaman, Syiah Houthi, pada hari Selasa (19/12/2017) melepaskan sebuah “rudal balistik” ke ibukota Saudi, Riyadh, menurut saluran televisi Al-Masira yang dikelola oleh Houthi.

Rudal tersebut dilaporkan menargetkan Riyadh Yamama Royal Palace, lokasi kantor Raja Saudi Salman bin Abdulaziz.

“Rudal itu menargetkan sebuah pertemuan besar pejabat rezim Saudi yang diadakan di istana tersebut,” penyiar melaporkan, lansir Anadolu Agency.

Tapi ketika Al-Masira mengatakan bahwa rudal tersebut telah “menemukan targetnya”, pasukan koalisi Arab yang dipimpin Saudi – yang telah memerangi Houthi sejak 2015 – mengatakan bahwa rudal tersebut dicegat sebelum menyebabkan kerusakan.

Cegah Houthi jadi Syiah Hizbullah, Pangeran Arab: Perang di Yaman akan Terus Berlanjut

“Pukul 01:39 dini hari [waktu setempat], pertahanan udara koalisi mengamati sebuah rudal balistik yang ditembakkan ke arah kerajaan dari wilayah Yaman,” kata juru bicara resmi koalisi Pakistan Press mengutip Turki al-Maliki.

“Rudal tersebut tanpa pandang bulu menembak di daerah sipil dan berpenduduk padat di Riyadh, dan berhasil dicegat di selatan kota oleh baterai anti-rudal Patriot tanpa menyebabkan kerusakan atau hilangnya nyawa,” al-Maliki menambahkan.

Pasukan Yaman Patahkan Gelombang Serangan Syiah Houthi di Taiz

Juru bicara tersebut kemudian mengutuk tindakan milisi Houthi yang didukung Iran.”

Itu adalah rudal kedua yang menargetkan Riyadh dari wilayah Yaman dalam dua bulan terakhir.

Pada 4 November, koalisi pimpinan Saudi mengumumkan telah berhasil mencegat sebuah rudal Houthi yang ditembakkan ke Bandara Internasional Raja Khalid Riyadh.

Bagikan
Close X