Disebut Bakal Cawapres Jokowi, Kiai Ma’ruf: Saya Belum Diberitahu

Disebut Bakal Cawapres Jokowi, Kiai Ma’ruf: Saya Belum Diberitahu

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Akhir-akhir ini nama Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin ramai dibincangkan setelah disebut sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Jokowi pada Pilpres tahun depan. Sambil tertawa, Kiai Ma’ruf menegaskan dirinya belum diberitahu.

“Katanya saya disebut jadi cawapres, tapi belum tau. Karena sampai saat ini saat ini saya belum diberitahu,” katanya kepada Jurnalislam.com saat ditemui di kantornya, Jalan Proklamasi No. 54, Jakpus, Selasa (17/7/2018).

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merekomendasikan nama Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi.

Wakil Ketum PPP, Arwani Thomafi menilai sosok Ma’ruf Amin sebagai sosok yang komplet. Selain berpengalaman di keorganisasian, Ma’aruf juga merupakan seorang ulama yang juga sebagai Ra’is Aam PBNU.

“Dari sisi keilmuan, bidang ekonomi Islam, perbankan syariah, sejarah, jam terbang juga semua orang tahulah Pak Amin. Untuk kepentingan umat juga orang tahulah, untuk komitmen kebangsaan juga bagus,” jelasnya.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei cawapres ideal bagi Jokowi jelang pendaftaran calon presiden (capres) pada 4 Agustus mendatang. Nama Ma’ruf Amin masuk di dalam daftar LSI.

Berdasarkan survei LSI, Ma’ruf Amin masuk ke dalam kelompok cawapres Jokowi dari kalangan tokoh agama. Nama Ketua MUI KH Ma’ruf Amin muncul tertinggi elektabilitasnya di angka 21 persen. Disusul mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin 17,2 persen, Tuan Guru Bajang (TGB) 12,3 persen dan Mahfud MD 9,5 persen.

Reporter: Gio

Bagikan
Close X