Responsive image

Taliban Afghanistan Mengutuk Serangan Sekolah Pakistan

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Taliban Afghanistan mengutuk serangan yang dilakukan Taliban Pakistan di Sekolah Umum Angkatan Darat di Peshawar, Pakistan hari Selasa, (16/12/2014).

Pernyataan itu dirilis Islamic Emirate of Afghanistan dalam sebuah rilis berbahasa Urdu hari ini, Rabu (17/12/2014) melalui juru bicaranya, Zabihullah Mujahid. Taliban mengungkapkan kesedihannya atas tragedi tersebut dan menyampaikan bela sungkawa bagi keluarga korban.

"Laki-laki, wanita dan anak-anak dibunuh dengan sengaja, dan ini bertentangan dengan prinsip-prinsip Islaam," kata Zabihullah Mujahid dalam pernyataannya.

“Emirat Islam Afghanistan selalu mengutuk pembunuhan orang tak bersalah dan anak-anak,” lanjutnya.

Taliban Afghanistan, yang dipimpin oleh Syeikh Mullah Umar, juga telah berusaha untuk menghindari serangan profil tinggi terhadap penduduk sipil. Dalam pesan merayakan akhir Ramadhan awal tahun ini, Syeikh Mullah Umar menekankan, "Setiap tindakan operasi jihad harus melindungi nyawa dan harta benda masyarakat, karena Allah melarang ada pihak yang dirugikan." Syeikh Mullah Umar mengatakan bahwa Departemen Pencegahan Korban Sipil Taliban harus serius memperhatikan tugasnya untuk mencegah jatuhnya korban sipil."

Pidato Syeikh Mullah Umar menunjukkan bahwa Taliban Afghanistan sensitif terhadap kritik bahwa operasinya menyebabkan kerusakan sipil jauh lebih besar dibanding yang dilakukan musuh musuhnya yaitu Amerika dan sekutunya yang banyak membunuhi masyarakat sipil.

Seperti al Qaeda dan kelompok-kelompok jihad lainnya, Taliban Afghanistan juga berusaha untuk memenangkan hati dan pikiran masyarakat. Dan serangan terhadap sekolah di Peshawar, dimana puluhan anak terbunuh  kemungkinan akan mengurangi dukungan rakyat terhadap mujahidin.

Hubungan kerjasama antara kelompok Taliban Afghanistan dan Pakistan masih berlangsung, Taliban Pakistan merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Mullah Fazlullah sebelumnya telah menjanjikan kesetiaan organisasinya terhadap "Amir Mukminin Syeikh Mullah Muhammad Umar." Ini menjadi indikasi bahwa kepemimpinan Taliban Pakistan saat ini tidak akan mematahkan barisan dengan pemimpin Taliban Afghanistan.

Taliban Pakistan dan pemimpinnya, Mullah Fazlullah, secara terbuka menyatakan kesetiaan mereka kepada Syeikh Mullah Muhammad Umar. [ded412/dbs]

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X