PM Irak: Tentara Irak Tidak akan Serang Rakyat Kurdi

PM Irak: Tentara Irak Tidak akan Serang Rakyat Kurdi

BAGHDAD (Jurnalislam.com) – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi pada hari Kamis (12/10/2017) menyatakan bahwa tentara Irak tidak akan digunakan untuk melawan rakyat Kurdi.

“Kami tidak akan menggunakan tentara melawan rakyat dan kami tidak akan berperang melawan warga Kurdi,” kata al-Abadi dalam siaran pers televisi yang disiarkan di televisi pemerintah Irak, lansir Anadolu Agency.

Dia kemudian menekankan bahwa angkatan bersenjata Irak dikhususkan untuk memberikan keamanan publik di Irak dan melindungi negara dari ancaman asing.

Rezim Syiah Assad Dukung Referendum Kurdi

“Tanggung jawab kita adalah untuk melindungi persatuan Irak,” tegasnya.

Ketegangan terus meningkat antara Baghdad dan Pemerintah Daerah Kurdi Irak utara sejak 25 September, ketika peduduk Irak yang berada di daerah kekuasaan KRG (Kurdish Regional Government) – dan di beberapa wilayah yang disengketakan – memberikan suara untuk menyatakan kemerdekaan.

Segera setelah jajak pendapat tidak resmi bulan lalu, Baghdad melarang penerbangan internasional memasuki wilayah yang dikuasai KRG dan menutup semua misi diplomatik asing yang berbasis di wilayah Kurdi.

Bagikan
Close X