Responsive image

Fokus Isu Yerusalem, OKI akan Gelar Konferensi Tingkat Tinggi Besok di Istanbul

Fokus Isu Yerusalem, OKI akan Gelar Konferensi Tingkat Tinggi Besok di Istanbul

ISTANBUL (Jurnalislam.com) – Organisasi Kerjasama Islam (the Organisation of Islamic Cooperation-OIC) dijadwalkan untuk membahas masalah Yerusalem di Istanbul, kota terbesar di Turki, pada besok hari Rabu (13/12/2017).

Erdogan mengatakan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut akan menjadi “titik balik” atas krisis Yerusalem, bahkan Rusia berjanji untuk mengirim seorang perwakilan.

Reporter Al Jazeera Mohammed Adow, melaporkan dari Ankara, Senin (11/12/2017), mengatakan bahwa Putin “telah memanfaatkan semangat anti-Trump di wilayah ini” dengan tur regional tiga-kakinya.

Trump Akan Akui Yerusalem sebagai Ibukota Israel, OKI Gelar Rapat Darurat

Marwan Karbalam, seorang analis Timur Tengah, juga mengatakan bahwa perjalanan Putin ditujukan untuk “memproyeksikan kekuasaan di Timur Tengah dengan mengunjungi dua sekutu AS – Mesir dan Turki – yang telah semakin dekat dengan Rusia selama beberapa tahun terakhir.”

Dia “mencoba memanfaatkan hubungan sekutu AS yang sulit dengan pelindung internasional mereka untuk meningkatkan pengaruhnya,” kata Karbalam kepada Al Jazeera.

Putin mengumumkan pekan lalu bahwa dia akan mencari sebuah strategi baru dalam pemilihan presiden Rusia mendatang tahun depan.

Yury Barmin, seorang rekan di Dewan Urusan Internasional Rusia, mengatakan bahwa turnya juga merupakan “langkah terakhir untuk meyakinkan publik Rusia bahwa Vladimir Putin adalah pemimpin yang kuat dan perlu dipilih kembali.”

Putin dan Erdogan juga membahas perkembangan di Suriah dan memperkuat hubungan ekonomi dan militer.

Pejabat Turki dan Rusia akan bertemu untuk menyelesaikan sistem rudal S-400 Turki pekan depan, kata Erdogan.

Bagikan
Close X