Jaysh al Fateh Kuasai Lebih Banyak Wilayah di Provinsi Aleppo

Jaysh al Fateh Kuasai Lebih Banyak Wilayah di Provinsi Aleppo

ALEPPO (Jurnalislam.com) – Pada pertengahan Juni, koalisi faksi-faksi jihad Suriah, Jaysh al Fateh (Army of Conquest), memulai serangan baru yang menargetkan tiga desa di selatan kota Aleppo: Khalsa, Bernah, dan Zeitan. Koalisi yang dipimpin jihadis al Qaeda tersebut dengan cepat mencapai sukses, The Long War Journal melaporkan, Jumat (24/06/2016).

Sejak awal Juni, Jaysh al Fateh telah memperlebar kekuasaannya pada wilayah sekitar Khan Tuman, yang direbut dari rezim Nushairiyah Bashar al Assad dan pasukan yang didukung Republik Syiah Iran pada bulan Mei. Sebuah gempuran pada awal Juni memperluas radius operasi Jaysh al Fateh di seluruh Khan Tuman. Hal ini memungkinkan mujahidin untuk menyerbu desa-desa tersebut beberapa bulan kemudian.

Dua faksi jihad paling kuat di Jaysh al Fateh adalah Jabhah Nusrah, yang merupakan cabang resmi al Qaeda di Suriah, dan Ahrar al Sham, yang merupakan model lain Taliban dan memiliki link sendiri dengan Al-Qaeda. Aliansi juga meliputi beberapa kelompok tempur lainnya.

Musuh Jaysh al Fateh di daerah selain pasukan rezim Syiah Assad itu sendiri, termasuk milisi Syiah dari berbagai negara yang didukung Iran, juga Syiah Hizbullah.

Sumbu Suriah-Iran tersebut menderita korban yang signifikan selama bentrokan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (The Syrian Observatory for Human Rights-SOHR) melaporkan bahwa 24 anggota milisi Syiah dan sekutu Suriah tewas pada hari pertama pertempuran. Angka itu naik menjadi 86 tewas, termasuk 25 pasukan Syiah Hizbullah Libanon, menurut SOHR. Jumlah korban seringkali tidak mungkin diverifikasi, terutama di zona perang kacau seperti Suriah. Tapi tampaknya pasukan loyalis dan sekutu rezim Bashar al Assad menderita kekalahan yang serius.

Pada awal operasi, Jabhah Jabhah Nusrah merilis sebuah video pendek termasuk yang direkam dengan drone kecil. Jabhah Nusrah semakin sering menggunakan drone untuk menyajikan adegan dramatis pertempuran kepada pemirsa. Lengan al Qaeda merilis serangkaian video dan gambar lainnya dalam waktu singkat.

Kemajuan cepat Jaysh al Fateh ini dirayakan di media sosial oleh tokoh terkenal al Qaeda. Pada tanggal 17 Juni, Syeikh Abu Sulaiman al Muhajir, yang merupakan pejabat senior syariah Jabhah Nusrah, tweeted: “Allah mengalahkan mereka di Khalsa.” Dia melanjutkan sampai pada tanggal 18 Juni dengan tweet merayakan kemenangan di Bernah dan Zeitan.

Anggota Jabhah Nusrah lain, dikenal sebagai Abu Saeeed al Halabi, menyatakan pada tanggal 18 Juni bahwa kemenangan sekali lagi di selatan provinsi Aleppo menunjukkan bahwa Jabhah Nusrah adalah basis jihad di Suriah dan kekuatan yang akan membawa pertempuran ke Damaskus. Al Halabi menolak laporan dari SOHR dan kelompok lain yang mengklaim bahwa angkatan udara Rusia tidak turut campur dalam pertempuran. Abu Saeed tweeted bahwa Rusia melakukan serangan udara paling banyak bulan ini, yang kemungkinan berarti di tiga desa yang dikuasai.

16-06-22-Muhaysini-denounces-Iran-Hezbollah-in-front-of-corpses-300x168

Pada tanggal 22 Juni, Jaysh al Fateh merilis sebuah video Syeikh Abdallah Muhammad al Muhaysini berdiri di depan kuburan terbuka penuh dengan mayat pasukan Syiah Hizbullah dan pasukan Syiah lain yang didukung Iran. Syeikh Muhaysini menyampaikan pidato panjang mengutuk Iran dan Hizbullah Libanon sambil berdiri di depan mayat.

Syeikh Muhaysini adalah ulama al Qaeda Saudi populer dan seorang pejabat syariah senior Jaysh al Fateh. Muhaysini dan beberapa pendukung online-nya merujuk kepadanya sebagai jihadis “independen”.

The Long War Journal menilai bahwa ia tidak berdiri sendiri dan ia merupakan bagian dari hirarki internasional Al Qaeda (al Qaeda global). Biografinya diisi dengan berbagai koneksi ke jaringan internasional Al Qaeda.

Katibat al Tawhid wal Jihad (KTJ), sebuah kelompok jihad didominasi-Uzbek yang bersumpah setia kepada Jabhah Nusrah September lalu, memberitakan peran tersendiri dalam pertempuran di website resminya.

Pada tanggal 18 Juni, KTJ memposting hampir dua lusin foto anggotanya mempersiapkan pertempuran. Gambar, termasuk peta daerah, semua memiliki watermark koalisi Jaysh al Fateh.

Dalam pernyataan yang menyertai, KTJ mengatakan bahwa pasukannya berpartisipasi dalam operasi militer besar-besaran melawan orang-orang kafir bersama mujahidin Jaysh al Fateh. Tugas KTJ ini rupanya terbatas di Khalsa, saat situs resminya mengatakan bahwa mujahidin lain bertanggung jawab untuk menaklukkan desa terdekat di Bernah dan Zeitan.

Sama seperti yang disebutkan KTJ, faksi jihad lain juga berjuang di bawah payung Jaysh al Fateh.

Strategi perang gerilya Al Qaeda di Suriah didasarkan pada penyatuan sumber daya dari faksi jihad lain bila memungkinkan, untuk memaksimalkan efektivitas perjuangan.

Organisasi ini mematuhi ideologi jihad, Al Qaeda telah membuktikan bahwa mereka menemukan landasan bersama untuk ditegakkan dalam perjuangan yaitu fokus memerangi rezim Assad, ingin menerapkan hukum syariah di Suriah.

Faylaq al Sham (atau “Sham Legion”) adalah salah satu kelompok yang mengambil bagian dalam serangan bersama Jaysh al Fateh di pedesaan selatan Aleppo. Faylaq al Sham berjuang sebagai bagian dari Jaysh al Fateh tahun lalu, ketika koalisi menyapu pasukan Assd di provinsi Idlib, merebut ibukota Idlib dan daerah sekitarnya.

Faylaq al Sham menugaskan pasukannya dari Idlib ke provinsi Aleppo awal tahun ini. Berita yang diposting online oleh jihadis pada bulan Mei mencantumkan Faylaq al Sham sebagai salah satu kelompok anggota Jaysh al Fateh di Aleppo. Tandzim ini telah menghasilkan serangkaian gambar pertempuran baru-baru ini, termasuk peta wilayah, rekaman drone desa yang dikuasai, gambar pasukan Syiah yang dibunuh, dan foto harta rampasan perang (ghanimah) yang direbut. Faylaq al Sham juga memperingati sejumlah martir yang syahid dalam pertempuran. Walaupun berita mereka tidak memiliki watermark Jaysh al Fateh, tapi Faylaq al Sham jelas berjuang bersama Jaysh al Fateh karena gambar diambil di desa yang sama dengan desa yang mereka kuasai.

16-06-18-12-22sectarian22-material-captured-in-Zeitan-768x512

 

Ajnad al Sham adalah koalisi jihad lain yang berjuang di bawah bendera Jaysh al Fateh. Tim media Ajnad al Sham telah menyebarkan foto dan video serangan pada Twitter feed resmi mereka. Berita Ajnad al Sham termasuk foto Bernah dan Zeitan, gambar perlengkapan milik pasukan Syiah yang tertinggal, peta wilayah, dan gambar dua ranjau darat yang ditemukan. Peta mereka sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh KTJ dan konstituen Jaysh al Fateh lainnya. Semua media memiliki watermark Jaysh al Fateh.

Ajnad al Sham juga telah merilis pernyataan martir (serangan istisyhad) untuk salah satu komandan paling senior mereka, yang gugur, syahid, selama pertempuran.

16-06-19-Jaysh-al-Sunna-reposted-or-posted-images-of-fallen-Hezbollah-fighters

Koalisi jihad lain yang tergabung dalam Jaysh al Fateh adalah Jaysh al Sunna, yang memberitakan tentang rampasan mereka dan memposting spanduk mengenai lebih dari 30 pasukan syiah Hizbullah tewas dalam pertempuran. Banner tersebut kemungkinan yang pertama kali diterbitkan dibanding tempat lain.

Jaysh al Fateh telah berkembang pesat sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2015. Anggota Jaysh al Fateh sedikit berubah setelah penyerbuan Idlib. Tapi koalisi mujahidin Suriah tersebut tetap menjadi kekuatan ampuh di medan perang, menunjukkan bukti bahwa keahlian al Qaeda dalam perang gerilya tidak bisa diremehkan.

16-06-17-Nusrah-video-using-drone-2

16-06-17-Nusrah-video-using-drone-4

16-06-18-Nusrah-photo-from-fighting-1-768x432

16-06-17-1-Map-of-villages-targeted-in-southern-Aleppo-province-768x387

 

 

Bagikan