Abbas: Rabi Israel Serukan Racuni Air Palestina

Abbas: Rabi Israel Serukan Racuni Air Palestina

water-supplyPALESTINA (Jurnalislam.com) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan rabi Israel pada hari Kamis menyerukan meracuni air Palestina, dalam sebuah laporan media mengingat fitnah anti-Semit abad pertengahan yang secara luas tidak terbantahkan, Al Arabiya News Channel melaporkan, Kamis (23/06/2016).

Pernyataan tersebut membuat gusar Perdana Menteri zionis Benjamin Netanyahu yang menyebut mereka “fitnah darah”, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Pernyataan Abbas, dalam pidato kepada parlemen Eropa, tidak muncul di transkrip resmi yang dikeluarkan oleh kantornya, menunjukkan ia mungkin telah berbicara spontan saat ia mengutuk tindakan keji Israel terhadap warga Palestina di tengah pembicaraan damai yang terhenti.

“Hanya seminggu yang lalu, sejumlah rabi di Israel mengumumkan, dan membuat pengumuman yang jelas, menuntut agar pemerintah mereka meracuni air untuk membunuh rakyat Palestina,” kata Abbas.

“Bukankah itu hasutan jelas untuk melakukan pembunuhan massal terhadap rakyat Palestina?”

Pernyataan Abbas dibuat saat presiden Israel, Reuven Rivlin, melakukan kunjungan dengan Brussels. Kantor Rivlin mengatakan Abbas menolak proposal Eropa agar keduanya bertemu di sana. Seorang juru bicara Abbas mengatakan setiap pertemuan akan memerlukan lebih banyak persiapan.

Pembicaraan damai Israel-Palestina runtuh pada tahun 2014.

Palestinian President Mahmoud Abbas greets delegations upon his arrival at the Arab League headquarters to attend an emergency Arab League session in Cairo, Egypt, Saturday, May 28, 2016. (AP Photo/Amr Nabil)

Abbas, yang menerima standing ovation (tepuk tangan penghargaan) dari para anggota parlemen Uni Eropa setelah pidatonya, tak menyebutkan sumber informasi – dan tidak ada bukti selama seminggu terakhir mengenai panggilan oleh para rabi Israel untuk meracuni air Palestina.

Laporan dugaan dekrit rabbi muncul pada hari Ahad, ketika kantor berita negara Turki Anadolu mengatakan bahwa “Rabbi Shlomo Mlma, ketua Dewan Rabbi di pemukiman Tepi Barat”, telah mengeluarkan penasihat untuk memungkinkan pemukim Yahudi mengambil tindakan tersebut.

Pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Palestina, di situsnya, mengutip seruan “Rabbi Mlmad” untuk meracuni air dari dan menuntut penangkapan.

Gulf News, dalam sebuah laporan pada hari Ahad, mengatakan bahwa sejumlah rabi telah mengeluarkan seruan seperti yang dikatakan Abbas. Mereka mengatribusikan tuduhan kepada Breaking the Silence, sebuah organisasi tentara veteran Israel yang mengkritik perlakuan militer terhadap Palestina.

Seorang juru bicara Breaking the Silence mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok tidak memberikan informasi apapun.

 

Deddy | Alarabiya | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.