Tiga Warung Mie di Solo Positif Mengandung Babi

Tiga Warung Mie di Solo Positif Mengandung Babi

mie mengandun babiSOLO (Jurnalislam.com) – Kepala Dinas Pertanian Surakarta, Weni Ekayanti mengatakan ada tiga warung mie di Solo positif mengandung babi. Hal tersebut disampaikan Weni kepada Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono di Kantor Dinas Pertania Surakarta, Selasa (21/6/2016).

Hasil tersebut diketahui setelah Dinas Pertanian memeriksa lima warung mie di Solo, diantaranya Warung Mie WK, Mie MRS dan Mie SKW. Sedangkan 2 yang lain Mie SRG dan RWN PJR tidak terdapat kandungan babi.

“Ketika warung mie tersebut positif mengandung babi kemudian ada yang langsung tutup, ada yang membuat surat pernyataan akan mengganti dengan daging sapi dan yang dengan memberi informasi bahwa,Makanan disini mengandung babi,” terang Endro dalam siaran persnya yang diterima Jurnalislam, Selasa (21/6/2016).

Sebelum mendatagi Dinas Pertanian, LUIS juga melakukan klarifikasi kandungan babi ke kantor Satpol PP. Perwakilan LUIS hadir Edi Lukito Ketua LUIS, Endro Sudarsono Humas LUIS dan Joko Sutarto dari Tim Advokasi Umat

“Yang perlu dicatat bahwa Dinas Pertanian Kota Surakarta melakukan penelitian ini tidaklah semata menjelang puasa atau Idul Fitri namun hal ini dilakukan secara rutin, mandiri ataupun jika ada informasi dari masyarakat,” tegas Endro.

IMG-20160622-WA001

Sementara itu, Arif anggota Satpol PP Solo akan melaporan ke Polresta Surakarta atas dugaan melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen jika Rekomendasi Dinas Pertanian terkait Babi diabaikan.

Menurut Arif Undang-undang konsumen no 8 tahun 1999 memberikan ancaman hukuman kurungan 5 tahun penjara atau denda Rp 500.000.000 (limaratus juta rupiah)

LUIS menyampaikan dukungan penuh kepada Dinas Pertanian maupun Satpol PP yang telah mekakukan pencegahan dan perlindungan kepada masyarakat Solo dalam kaitannya penelitian makanan yang mengandung babi.

“LUIS juga membuka ruang aduan jika masyarakat menemukan atau mengkuatirkan penjualan makanan di Solo Raya yang mengandung babi melalui SMS/WA di nomor 08995260233,” pungkas Endro.

Reporter: Dyo | Editor: Ally Muhammad Abduh

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.